Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD

Daftar Isi

Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD - Halo Sahabat Guru Merdeka dindikbud.id. Kali ini kami akan membagikan pembahasan mengenai Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD. Pembelajaran kali ini dilaksanakan dengan Durasi : 2 x 35 menit.


Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh

Instruksi Pembelajaran 

Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gerak anggota tubuh seperti Pertemuan 3 dengan mengoordinasikan gerak anggota tubuh bagian atas dan bawah, atau anggota bagian kanan dan kiri dengan menggunakan hitungan/musik sebagai pengiring. 

A. Persiapan Mengajar 

Pertemuan 4 hampir sama dengan pertemuan sebelumnya, yaitu guru dan siswa akan melakukan praktik. Kebutuhan yang diperlukan adalah tempat kosong untuk ruang gerak siswa, bisa menggunakan kelas dengan menggeser kursi dan meja ke samping, atau menggunakan aula/lapangan jika memadai. Siswa dan guru mengenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak dan membawa botol minum. Dalam pertemuan ini, hitungan juga digunakan sebagai pengiring, maka jika ada fasilitas lagu dan alat pemutar musik bisa disiapkan juga. 

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan langsung oleh guru dan siswa. Pengiring ini penting untuk diikutsertakan karena dapat menstimulasi siswa dalam bergerak dan menemukan konsep tentang hitungan gerak. Inti pada Pertemuan 4 adalah memberikan pengalaman kepada siswa tentang bagaimana caranya mengkoordinasikan gerak tubuh agar menjadi gerak tari yang ritmis. Seperti di pembahasan pada pokok materi bahwa definisi gerak tari adalah gerak yang ritmis. 

Di Pertemuan 4, guru harus bisa membuat siswa menemukan konsep ini. Apa yang dimaksud dengan gerak tari yang ritmis? Pembahasan tentang gerak tari sudah ada pada Pokok Singkat Bahasan Materi Unit Pembelajaran 1 di halaman 19.

B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas

1. Kegiatan Awal

  1. Berdoa. 
  2. Menciptakan pembelajaran menyenangkan. 
  3. Pemanasan. Gunakan gerak seperti di Pertemuan 3, yaitu gerak kepala sampai kaki dan lakukan berulang.

2. Kegiatan Inti

a. Mengamati gerak anggota tubuh.

Instruksikan siswa untuk mencari tempat bergerak dengan ruang yang cukup. Guru bisa mengatur dengan membuat barisan memanjang, lingkaran, atau acak sesuai ketersediaan tempat. Berikan pertanyaan secara lisan, seperti:
  1. Siapa yang bisa bergerak dengan menggabungkan anggota tubuh bagian atas dan bawah? 
  2. Siapa yang bisa bergerak dengan menggabungkan anggota tubuh bagian kiri dan kanan? 
  3. Siapa yang bisa bergerak mengikuti hitungan? 
Kemudian, instruksikan siswa untuk:

  • Gerak bagian tubuh atas saja.
  • Gerak bagian tubuh bawah saja. 
  • Bergerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan. 
  • Bergerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian. 
  • Gerak bagian tubuh kanan saja.
  • Gerak bagian tubuh kiri saja. 
  • Bergerak menggabungkan bagian kanan dan kiri secara bersamaan. 
  • Bergerak menggabungkan bagian kanan dan kiri secara bergantian. 

Setelah siswa melakukan semua gerakan tersebut, meminta siswa untuk menyebutkan bagian mana saja anggota tubuh yang bergerak.




Diskusikan pertanyaan tersebut dengan jawaban seperti tabel di atas. Kemudian setelah diskusi, instruksikan kembali siswa untuk bergerak seperti tadi sesuai dengan hitungan guru. Guru dan siswa melakukan gerak sebagai berikut:
  1. Melakukan gerak bagian tubuh atas selama hitungan 1 x 8, pada setiap hitungan 8 gerakan berhenti/pose. 
  2. Melakukan gerak bagian tubuh bawah selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose. 
  3. Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose. 
  4. Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose. 
  5. Melakukan gerak bagian tubuh kanan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose. 
  6. Melakukan gerak bagian tubuh kiri selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose. 
  7. Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh kanan dan kiri secara bersamaan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose
  8. Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh kanan dan kiri secara bergantian selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
Guru dapat mengulang instruksi secara berurutan atau acak sambil menyebutkan nama gerak bagian atas, bawah dan gabungan atas bawah, bagian kanan, kiri, gabungan kanan kiri, hingga bisa melihat siswa dapat gerak yang ritmis atau sesuai hitungan. Lalu berikan penilaian pada gerakan siswa yang paling indah. Definisi indah pada gerak ini adalah yang koordinasi geraknya seimbang, yaitu nyaman digerakkan, dilihat, dan sesuai hitungan. 

Saat proses ini, guru bisa langsung menilai dengan cara penilaian rubrik. Rincian penilaian rubrik akan dijelaskan di akhir Unit 1. Catat nama-nama siswa yang akan dijadikan contoh di depan kelas atau buka kesempatan kepada siswa yang ingin menampilkan hasil geraknya di depan kelas dan selalu berikan respon positif terhadap hasil gerak siswa. Setelah mendapatkan nama-nama siswa yang sesuai kriteria penilaian, ajak semua siswa untuk duduk. Panggil siswasiswa tersebut secara bergantian untuk menunjukkan gerakannya di depan siswa yang lain. Ajak siswa yang menjadi penonton untuk memberikan apresiasi dengan cara memberikan tepuk tangan.

Guru dan siswa berdiskusi 

Saat semua siswa sudah menunjukkan hasil geraknya, ajak siswa untuk berdiskusi tentang kegiatan Pertemuan 4 dengan menyebutkan anggota tubuh yang bergerak ketika melakukan gerak tubuh bagian atas, bawah, kanan, dan kiri. Guru menuliskan semua jawaban siswa dari hasil diskusi di papan tulis dan membuat kesimpulan bersama-sama.

3. Kegiatan Penutup 

Ulang kembali tentang aktivitas yang sudah dilakukan pada Pertemuan 4 dan bacakan lagi kesimpulan kegiatan secara lisan, seperti dengan memberikan penjelasan bahwa menggabungkan gerak bagian atas-bawah atau bagian kanan-kiri bisa dilakukan dengan cara bergerak bersamaan atau bergantian. Tentunya gerak ini akan menjadi indah jika sesuai dengan hitungan, siswa bisa memilih untuk mengulang gerakan sampai hitungan habis, atau berhenti di hitungan delapan dan mulai melakukan gerakan lain. 

Ucapkan afirmasi dan tanggapan positif, seperti misalnya “Pembelajaran hari ini seru ya? Sampai tadi Ibu/Bapak lihat gerakan kalian semua bagus-bagus”. Selain itu, bisa juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. 



Kemudian, minta siswa untuk mencari tahu tentang cara merangkai gerak sendiri dengan koordinasi dari bagian anggota tubuh yang disukai menggunakan hitungan yang akan dibahas pada Pertemuan 5. Informasikan juga bahwa aktivitas tersebut adalah bentuk penilaian untuk pembelajaran Seni Tari di Unit 1.