Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD
Daftar Isi
Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD - Halo Sahabat Guru Merdeka dindikbud.id. Kali ini kami akan membagikan pembahasan mengenai Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD. Pembelajaran kali ini dilaksanakan dengan Durasi : 2 x 35 menit.
Prosedur pembelajaran 4 Eksplorasi Koordinasi Gerak Tubuh
Instruksi Pembelajaran
Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gerak anggota tubuh seperti Pertemuan
3 dengan mengoordinasikan gerak anggota tubuh bagian atas dan bawah, atau
anggota bagian kanan dan kiri dengan menggunakan hitungan/musik sebagai
pengiring.
A. Persiapan Mengajar
Pertemuan 4 hampir sama dengan pertemuan sebelumnya, yaitu guru dan siswa
akan melakukan praktik. Kebutuhan yang diperlukan adalah tempat kosong
untuk ruang gerak siswa, bisa menggunakan kelas dengan menggeser kursi
dan meja ke samping, atau menggunakan aula/lapangan jika memadai. Siswa
dan guru mengenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak dan membawa
botol minum. Dalam pertemuan ini, hitungan juga digunakan sebagai pengiring,
maka jika ada fasilitas lagu dan alat pemutar musik bisa disiapkan juga.
Alternatif
lainnya adalah dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan langsung oleh guru
dan siswa. Pengiring ini penting untuk diikutsertakan karena dapat menstimulasi
siswa dalam bergerak dan menemukan konsep tentang hitungan gerak. Inti
pada Pertemuan 4 adalah memberikan pengalaman kepada siswa tentang
bagaimana caranya mengkoordinasikan gerak tubuh agar menjadi gerak tari
yang ritmis. Seperti di pembahasan pada pokok materi bahwa definisi gerak
tari adalah gerak yang ritmis.
Di Pertemuan 4, guru harus bisa membuat siswa
menemukan konsep ini. Apa yang dimaksud dengan gerak tari yang ritmis?
Pembahasan tentang gerak tari sudah ada pada Pokok Singkat Bahasan Materi
Unit Pembelajaran 1 di halaman 19.
B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas
1. Kegiatan Awal
- Berdoa.
- Menciptakan pembelajaran menyenangkan.
- Pemanasan. Gunakan gerak seperti di Pertemuan 3, yaitu gerak kepala sampai kaki dan lakukan berulang.
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati gerak anggota tubuh.
Instruksikan siswa untuk mencari tempat bergerak dengan ruang yang cukup.
Guru bisa mengatur dengan membuat barisan memanjang, lingkaran, atau acak
sesuai ketersediaan tempat. Berikan pertanyaan secara lisan, seperti:
- Siapa yang bisa bergerak dengan menggabungkan anggota tubuh bagian atas dan bawah?
- Siapa yang bisa bergerak dengan menggabungkan anggota tubuh bagian kiri dan kanan?
- Siapa yang bisa bergerak mengikuti hitungan?
Kemudian, instruksikan siswa untuk:
- Gerak bagian tubuh atas saja.
- Gerak bagian tubuh bawah saja.
- Bergerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan.
- Bergerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian.
- Gerak bagian tubuh kanan saja.
- Gerak bagian tubuh kiri saja.
- Bergerak menggabungkan bagian kanan dan kiri secara bersamaan.
- Bergerak menggabungkan bagian kanan dan kiri secara bergantian.
Diskusikan pertanyaan tersebut dengan jawaban seperti tabel di atas. Kemudian setelah diskusi, instruksikan kembali siswa untuk bergerak seperti tadi sesuai dengan hitungan guru. Guru dan siswa melakukan gerak sebagai berikut:
- Melakukan gerak bagian tubuh atas selama hitungan 1 x 8, pada setiap hitungan 8 gerakan berhenti/pose.
- Melakukan gerak bagian tubuh bawah selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
- Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
- Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
- Melakukan gerak bagian tubuh kanan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
- Melakukan gerak bagian tubuh kiri selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
- Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh kanan dan kiri secara bersamaan selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose
- Melakukan gerak menggabungkan bagian tubuh kanan dan kiri secara bergantian selama hitungan 1 x 8, pada hitungan 8 berhenti/pose.
Guru dapat mengulang instruksi secara berurutan atau acak sambil
menyebutkan nama gerak bagian atas, bawah dan gabungan atas bawah,
bagian kanan, kiri, gabungan kanan kiri, hingga bisa melihat siswa dapat gerak
yang ritmis atau sesuai hitungan. Lalu berikan penilaian pada gerakan siswa
yang paling indah. Definisi indah pada gerak ini adalah yang koordinasi geraknya
seimbang, yaitu nyaman digerakkan, dilihat, dan sesuai hitungan.
Saat proses
ini, guru bisa langsung menilai dengan cara penilaian rubrik. Rincian penilaian
rubrik akan dijelaskan di akhir Unit 1. Catat nama-nama siswa yang akan
dijadikan contoh di depan kelas atau buka kesempatan kepada siswa yang
ingin menampilkan hasil geraknya di depan kelas dan selalu berikan respon
positif terhadap hasil gerak siswa. Setelah mendapatkan nama-nama siswa
yang sesuai kriteria penilaian, ajak semua siswa untuk duduk. Panggil siswasiswa tersebut secara bergantian untuk menunjukkan gerakannya di depan
siswa yang lain. Ajak siswa yang menjadi penonton untuk memberikan apresiasi
dengan cara memberikan tepuk tangan.
Guru dan siswa berdiskusi
Saat semua siswa sudah menunjukkan hasil geraknya, ajak siswa untuk
berdiskusi tentang kegiatan Pertemuan 4 dengan menyebutkan anggota tubuh
yang bergerak ketika melakukan gerak tubuh bagian atas, bawah, kanan, dan
kiri. Guru menuliskan semua jawaban siswa dari hasil diskusi di papan tulis dan
membuat kesimpulan bersama-sama.
3. Kegiatan Penutup
Ulang kembali tentang aktivitas yang sudah dilakukan pada Pertemuan 4 dan
bacakan lagi kesimpulan kegiatan secara lisan, seperti dengan memberikan
penjelasan bahwa menggabungkan gerak bagian atas-bawah atau bagian
kanan-kiri bisa dilakukan dengan cara bergerak bersamaan atau bergantian.
Tentunya gerak ini akan menjadi indah jika sesuai dengan hitungan, siswa
bisa memilih untuk mengulang gerakan sampai hitungan habis, atau berhenti
di hitungan delapan dan mulai melakukan gerakan lain.
Ucapkan afirmasi dan
tanggapan positif, seperti misalnya “Pembelajaran hari ini seru ya? Sampai
tadi Ibu/Bapak lihat gerakan kalian semua bagus-bagus”. Selain itu, bisa
juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi
yang belum dipahami.
Kemudian, minta siswa untuk mencari tahu tentang
cara merangkai gerak sendiri dengan koordinasi dari bagian anggota tubuh
yang disukai menggunakan hitungan yang akan dibahas pada Pertemuan
5. Informasikan juga bahwa aktivitas tersebut adalah bentuk penilaian untuk
pembelajaran Seni Tari di Unit 1.