Profil Pelajar Pancasila Seni Tari Kelas 1 SD
Profil Pelajar Pancasila Seni Tari Kelas 1 SD - Pada penerapan pembelajaran seni tari, buku ini merefleksikan profil pelajar Pancasila. Profil ini menggambarkan karakteristik pelajar yang diharapkan akan terbangun seiring dengan perkembangan dan kemajuan proses pendidikan setiap individu. Profil ini dirancang berdasarkan satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan karakter dan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan sistem pendidikan Indonesia?”.
Pertanyaan ini berkaitan dengan dua hal, yaitu kompetensi dan karakter untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, unggul, dan produktif di abad 21. Profil pelajar Pancasila dirumuskan dalam satu pernyataan yang komprehensif, yaitu: “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila”.
Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat (lifelong learner), kompetensi global (global competencies), dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hal ini menunjukkan paduan antara penguatan identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, dengan hasil-hasil kajian nasional dan internasional terkait sumber daya manusia yang sesuai dengan konteks abad 21.
Dari pernyataan profil pelajar Pancasila tersebut, enam karakter/kompetensi dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan, sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan penguatan keenam dimensi tersebut, tidak bisa parsial. Keenam dimensi tersebut adalah:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
- Mandiri;
- Bernalar kritis;
- Kreatif;
- Bergotong-royong; dan
- Berkebinekaan global.
Enam dimensi ini menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia. Profil pelajar Pancasila juga diibaratkan sebagai bintang utara (north star).
Metafora ini digunakan karena bintang utara posisinya tetap, bahkan ketika bintang-bintang lainnya bergerak. Bintang utara juga dapat dilihat lebih jelas/ terang dibandingkan bintang lainnya. Oleh karena itu bintang utara berguna sebagai navigasi, penunjuk arah atau patokan ketika orang bergerak. Demikian pula peran profil lulusan dalam konstelasi kebijakan pendidikan.
Profil pelajar Pancasila merupakan misi yang jelas, relatif kekal, sehingga dapat dijadikan penunjuk arah yang konsisten meskipun terjadi perubahan-perubahan kebijakan dan praktik pendidikan. Meskipun kurikulum berubah, kebijakan tentang asesmen nasional berganti, profil pelajar Pancasila menjadi bintang utara yang tetap.
Dengan kata lain, profil pelajar Pancasila adalah penentu arah perubahan dan petunjuk bagi segenap pemangku kepentingan dalam melakukan upaya peningkatan kualitas pendidikan.