Kegiatan 4 Bermain Pantomim Peristiwa, Seni Teater Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 4 Bermain Pantomim Peristiwa, Seni Teater Kelas 1 SD

Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 4 Bermain Pantomim Peristiwa, Seni Teater Kelas 1 SD? 

Pada kegiatan 3 ini, memiliki Tujuan kegiatan : Siswa dapat berimajinasi atau meniru peristiwa di sekitarnya. Elemen : Mencipta, berpikir dan bekerja artistik, serta dampak. Subelemen : Pantomim, bermain dengan properti, dan pertunjukan. Alokasi waktu : 2×35 menit.


Kegiatan 4 Bermain Pantomim Peristiwa

A. Persiapan Mengajar

Sahabat Guru, persiapkanlah hal-hal berikut ini sebelum mengajar
  1. Perbanyaklah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 4 sesuai jumlah siswa. 
  2. Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. 
  3. Siapkanlah kertas, gunting, dan spidol. Guntinglah kertas kecil-kecil dengan ukuran 3 cm × 5 cm, lalu tulislah nama-nama pahlawan di potongan kertas itu. Sesuaikan jumlah potongan kertas dengan jumlah siswa. Potongan kertas itu nantinya akan dipakai untuk membagi kelompok beranggota 4–5 siswa per kelompok. Perhatikan contoh berikut ini!

B. Kegiatan Pengajaran

Pada kegiatan sebelumnya, siswa dilatih melakukan imajinasi ekspresi dan karakter manusia serta mengimajinasikan bentuk dan fungsi benda. Adapun pada kegiatan kali ini, Sahabat Guru akan mengajak siswa mengimajinasikan peristiwa di sekitarnya. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok guna melatih kemampuan kerja sama siswa dengan temannya.

1.Kegiatan Pembukaan

Pengantar dan Pengaturan Kelas

Sebelum kegiatan dimulai, hendaknya Sahabat Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kali ini kepada siswa, yaitu agar siswa mampu mengimajinasikan peristiwa di sekitarnya. Pada kegiatan ini, siswa bermain secara berkelompok. Bentuklah kelompok sesuai nama pahlawan. Misalnya, siswa yang mendapat potongan kertas bertuliskan “R.A. Kartini” harus berkelompok dengan sesama siswa yang mendapat potongan kertas bertuliskan “R.A. Kartini” pula. 

Satu kelompok terdiri atas 4–5 siswa. Bentuklah kelompok sebelum kegiatan pemanasan dimulai. Setelah terbentuk, tentukanlah peristiwa apa yang akan dimainkan oleh tiap-tiap kelompok, misalnya Kelompok R.A. Kartini bermain peristiwa koki yang sedang memasak, Kelompok Ki Hajar Dewantara bermain peristiwa upacara bendera, dan seterusnya.

Pemanasan

Sahabat Guru, sebelum memulai kegiatan inti, lakukan dulu kegiatan berikut ini.
  1. Berilah contoh gerakan terlebih dahulu kepada siswa. Misalnya, jika memilih pantomim peristiwa bermain layang-layang, Sahabat Guru bergerak seolaholah sedang bermain layang-layang, menarik dan mengulur tali layangan sambil melihat ke atas tanpa bersuara. 
  2. Mintalah siswa meniru gerakan Sahabat Guru. 
  3. Sahabat Guru juga boleh memberi contoh peristiwa yang lain.

2.Kegiatan Inti

Setelah Sahabat Guru melakukan kegiatan pemanasan, lakukanlah kegiatan inti berikut ini
  1. Pastikan siswa sudah berbaur dengan kelompoknya dan mendapatkan tugas pantomim peristiwa yang akan dimainkan bersama kelompoknya. Sebagai contoh, Kelompok R.A. Kartini bermain pantomim peristiwa koki yang sedang memasak, Kelompok Ki Hajar Dewantara bermain pantomim peristiwa upacara bendera, dan seterusnya. 
  2. Berilah siswa waktu secukupnya untuk berdiskusi dengan kelompoknya.
  3. Setelah itu, mintalah tiap kelompok memainkan pantomim di panggung secara bergiliran, bisa panggung sungguhan atau hanya imajiner. 4) Ajaklah siswa penonton untuk menyimak baik-baik pertunjukan yang sedang ditampilkan temannya dan memberi apresiasi yang meriah.
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat Guru bisa memintanya untuk bermain pantomim peristiwa di panggung. Siswa tersebut tidak bermain pantomim peristiwa dalam kelompok, tetapi bermain sendiri. 


Berilah siswa itu kebebasan untuk memilih pantomim atau meniru peristiwa yang disukainya. Ajaklah pula siswa yang kurang berminat atau belum percaya diri untuk bermain bersama sambil diberi apresiasi.

3. Kegiatan Penutup

Setelah melakukan kegiatan inti, saatnya Sahabat Guru melakukan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini, siswa masih berbaur bersama kelompoknya. Berilah kesempatan yang sama pada tiap kelompok untuk memberi pendapat dengan bahasa santun. Pandulah siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Apakah kalian sudah bisa meniru peristiwa? 
  2. Berikan pendapatmu mengenai kelompok lain secara santun! Apa kelompok itu sudah bisa meniru atau melakukan pantomim peristiwa dengan baik?
Berikutnya, ajaklah siswa mengapresiasi diri sendiri dan temannya dengan cara tepuk tangan. Sahabat Guru bisa mengatakan, “Kalian bermain dengan sangat hebat. Tepuk tangan untuk kalian semua!” Kemudian, mintalah siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 4. Setelah diisi dan dikumpulkan, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja siswa, ya!



C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Jika Sahabat Guru merasa kesulitan memandu siswa melakukan permainan pantomim peristiwa yang berbeda pada tiap kelompok, Sahabat Guru boleh melakukan permainan pantomim peristiwa yang sama pada semua kelompok. Ambil contoh pantomim peristiwa bermain layang-layang. Semua kelompok tampil bermain pantomim peristiwa bermain layang-layang. Sahabat Guru juga boleh memilih peristiwa lain yang sesuai keadaan daerah sekitar atau kearifan lokal.