Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 Kurikulum Merdeka?


Pada kegiatan 3 ini, memiliki Tujuan kegiatan Siswa mampu berkreasi dan berekspresi untuk menirukan karakter tokoh sesuai dengan adegan cerita dalam pertunjukan tablo. Elemen Menciptakan dan berdampak. Subelemen Imajinasi, mimesis, serta mengenal ruang dan waktu pertunjukan. Dan Alokasi waktu 2×35 menit.


Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1

A. Persiapan Mengajar

Sebelum memasuki Kegiatan 3 ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan Sahabat Guru agar nantinya pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal, yaitu sebagai berikut.
  1. Bacalah instruksi pada kegiatan pengajaran. Sahabat Guru juga bisa melihat foto atau menonton video adegan tablo sebagai referensi. 
  2. Bacalah secara ringkas materi tentang tablo. 
  3. Siapkanlah alat dan bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan pengajaran.
  4. Siapkanlah daftar peraturan kelas yang nantinya disepakati bersama siswa.

B. Pelaksanaan Pengajaran

Sahabat Guru, kegiatan kali ini difokuskan pada kerja kelompok dalam menemukan peristiwa yang menarik, kemudian ditampilkan melalui gerak, emosi, dan aspek artistik. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa mampu berkreasi dan berekspresi untuk menirukan karakter tokoh sesuai dengan adegan cerita dalam pertunjukan tablo

1. Kegiatan Pembukaan

Pengantar dan Pengaturan Kelas

Pada awal pertemuan, Sahabat Guru hendaknya menjelaskan tujuan pembelajaran kegiatan ini kepada siswa. Jelaskan bahwa kegiatan kali ini akan dilakukan secara individu maupun berkelompok. Selain itu, jelaskan pula jenis asesmen yang akan dilakukan pada langkah ini, yaitu penilaian keterampilan dan sikap. Sahabat Guru bisa juga menjelaskan peraturan selama pembelajaran seni teater dan menyepakati peraturan yang sudah disiapkan bersama siswa.



Pemanasan

Sahabat Guru, kegiatan ini difokuskan pada pelemasan otot-otot wajah yang diharapkan akan mempermudah siswa melakukan berbagai macam ekspresi. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Bentuklah formasi lingkaran sesuai kondisi ruangan. Sahabat Guru berada di tengah lingkaran 
  2. Pastikanlah semua siswa mengikuti instruksi yang diberikan Sahabat Guru. 
  3. Lakukanlah gerakan berikut ini secara perlahan agar siswa bisa merasakan bagian tertentu di wajahnya sedang bergerak:
    • dahi, mintalah siswa menggerakkan dahinya ke atas dan bawah selama 1–2 menit sampai dirasa cukup; 
    • mata, mintalah siswa memutar bola matanya sesuai arah jaruh jam dan sebaliknya, melirik ke kiri dan kanan, melihat ke atas dan bawah;
    • mulut tertutup, mintalah siswa memonyongkan mulutnya, menarik ke dalam, memiringkan ke kiri dan kanan.
    • mulut terbuka, mintalah siswa membuka mulutnya semaksimal mungkin seperti mengucapkan vokal (a, i, u, e, o) tanpa suara.

2. Kegiatan Inti

Pembagian dan Persiapan Kelompok

Sahabat Guru, kegiatan ini difokuskan pada kerja kelompok dalam menemukan peristiwa yang menarik, kemudian ditampilkan melalui gerak, emosi, dan aspek artistik. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Bagilah kelas ke dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota 5–7 siswa per kelompok. 
  2. Berilah waktu sekitar 15 menit bagi tiap kelompok untuk menemukan dan mendiskusikan sebuah peristiwa yang bisa ditampilkan melalui gerak dan emosi, misalnya kegiatan bertamasya, pertandingan sepak bola, dan kegiatan lain yang sifatnya berkelompok. 
  3. Mintalah tiap kelompok untuk berlatih dan mempersiapkan properti dari benda yang mudah ditemukan di sekolah. Sahabat Guru juga bisa meminta siswa untuk membuat properti dari bahan sederhana, misalnya kardus atau karton bekas. 
  4. Berikanlah pemahaman kepada siswa bahwa saat mementaskan pertunjukan, mereka juga harus memperhatikan aspek improvisasi gerak dan suara, ekspresi, serta blocking
Bermain Tablo

Sahabat Guru, ini adalah kegiatan akhir unit ini, yaitu menyajikan hasil kerja kelompok. Yang perlu diperhatikan adalah kesiapan siswa dan kelompoknya dalam menyajikan karyanya, antara lain meliputi aspek kekompakan, artistik, ekspresi, dan blocking. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Tentukanlah ruang ekspresi sebagai tempat siswa menyajikan hasil karya mereka. Sahabat Guru bisa mengondisikan kelas dengan cara meminta semua siswa menghadap ke depan atau membentuk formasi setengah lingkaran dengan ruang kosong di depannya sebagai ruang berekspresi. 
  2. Undilah urutan penampilan kelompok. 
  3. Berilah waktu beberapa saat bagi kelompok yang mendapat giliran tampil untuk mempersiapkan pementasan. 
  4. Mintalah kelompok penonton untuk menghargai kelompok yang tampil dan memberikan tepuk tangan pada akhir pementasan. 
  5. Hendaknya dokumentasikanlah pementasan tiap-tiap kelompok dalam bentuk foto atau video. 
  6. Lakukanlah kegiatan ini sampai semua kelompok mendapatkan giliran tampil.

3. Kegiatan Penutup

Refleksi

Seusai kegiatan pembelajaran, mintalah siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3. Setelah lembar kerja dikumpulkan, bentuklah formasi lingkaran untuk duduk bersama dengan siswa. Sahabat Guru bisa menjelaskan secara singkat materi bermain tablo kepada siswa. 

Berikanlah waktu kepada siswa untuk menyampaikan perasaan dan menjelaskan apa yang sudah mereka dapatkan setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran kali ini. Terakhir, ajukanlah pertanyaan refleksi kepada siswa, antara lain:
  1. Apa hal menarik yang kamu pelajari hari ini? 
  2. Peristiwa apa yang paling mudah kamu ingat? 
  3. Peristiwa apa yang sulit kamu lakukan? 
  4. Apa yang membuatmu merasa kesulitan? 
  5. Peran apa yang paling kamu sukai? 
  6. Peran apa yang paling sulit kamu lakukan?
Sahabat Guru, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja siswa, ya!


C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Sahabat Guru, lakukanlah kegiatan alternatif berikut ini apabila ada siswa atau kelompok yang merasa kesulitan mengikuti kegiatan kali ini.
  1. Pandulah siswa membagi peran dalam kelompoknya. 
  2. Mintalah siswa memanfaatkan benda yang ada di sekitarnya, misalnya sapu, penghapus, kain perca, kardus bekas, dan lain-lain. 
  3. Ajaklah siswa membuat properti drama sederhana dari benda atau bahan yang ada di sekitarnya, misalnya membuat boneka dari kain perca, mobil-mobilan dari kardus bekas, dan sebagainya. 
  4. Ikutilah langkah pembelajaran yang sama dengan yang telah dipaparkan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yang dapat dindikbud.id bagikan kepada Sahabat Guru Merdeka semuanya. Semoga bermanfaat!