Kegiatan 2 Bermain Pantomim Profesi Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 2 Bermain Pantomim Profesi Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Kegiatan 2 Bermain Pantomim Profesi Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 Kurikulum Merdeka?

Pada kegiatan 2 ini memiliki Tujuan kegiatan Siswa mengingat dan meniru karakter yang pernah dilihatnya. Elemen Mengalami dan mencipta. Subelemen Olah tubuh, suara, dan mimik. Dan Alokasi waktu 2×35 menit.

Baca Juga: Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Kegiatan 2 Bermain Pantomim Profesi Unit 3

A. Persiapan Mengajar 

Sahabat Guru, persiapkanlah hal-hal berikut ini sebelum mengajar. 
  1. Perbanyaklah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2 sesuai jumlah siswa. 
  2. Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. Sahabat Guru juga bisa mengajak siswa ke luar kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran ini, misalnya belajar di lapangan. 
  3. Potonglah beberapa kertas dengan ukuran 5 cm × 5 cm. 
  4. Tulislah berbagai macam profesi, satu profesi pada tiap potongan kertas. Contoh:


  5. Gulunglah kertas tersebut, lalu masukkan ke dalam kotak atau wadah

B. Kegiatan Pengajaran

Setelah mampu memperagakan macam-macam ekspresi, kali ini Sahabat Guru akan mengajak siswa memperagakan karakter dan ekspresi melalui berbagai macam profesi. Kegiatan ini diharapkan akan mengasah daya imajinasi, melatih sikap percaya diri, dan membiasakan sensasi panggung siswa.

Kegiatan ini mirip dengan kegiatan sebelumnya, hanya saja setingkat lebih sulit. Pada kegiatan ini, siswa belajar menggabungkan imajinasi ekspresi dan karakter. Sementara itu, pada kegiatan sebelumnya, siswa belajar berekspresi tanpa imajinasi karakter.

 1.Kegiatan Pembukaan

Pengantar dan Pengaturan Kelas

Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kali ini kepada siswa, yaitu agar siswa bisa mengingat ekspresi dan karakter profesi yang pernah mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari, lalu memperagakannya. Setelah menyampaikan tujuan pembelajaran, kondisikan siswa dalam formasi melingkar dan pastikan siswa bisa leluasa bergerak

Pemanasan

Sebelum memasuki kegiatan inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pemanasan berikut ini. Tujuannya adalah untuk memancing ingatan siswa akan berbagai macam karakter dan memperagakannya dengan ekspresi yang sesuai. 
  1. Ajukanlah pertanyaan kepada siswa: “Profesi atau pekerjaan apa yang pernah kamu lihat?” atau “Apa kamu pernah melihat guru, dokter, polisi, persona YouTube, tukang kebun, atau profesi lainnya?” 
  2. Tulislah profesi-profesi yang disebut siswa di papan tulis agar siswa lebih mudah mengingatnya. 
  3. Setelah itu, mintalah siswa mengingat bagaimana aktivitas profesi-profesi itu. 
  4. Berilah contoh peragaan aktivitas profesi-profesi itu.
  5. Mintalah siswa untuk memperagakan aktivitas profesi-profesi itu.

2.Kegiatan Inti

Setelah melakukan kegiatan pemanasan dalam formasi melingkar, mintalah siswa kembali duduk di kursinya masing-masing, menghadap ke arah panggung. Buatlah panggung di depan kelas, bisa panggung sesungguhnya atau hanya imajiner. Setelah itu, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan inti berikut ini.

  1. Berikanlah pengertian kepada siswa bahwa kegiatan kali ini hampir sama dengan kegiatan sebelumnya. Tiap siswa akan mendapat kesempatan tampil di panggung untuk belajar berbicara dan melatih sikap percaya diri. 
  2. Tantanglah siswa untuk memperagakan profesi sesuai yang tertulis di potongan kertas yang mereka ambil dari dalam kotak atau wadah. 
  3. Jika ada siswa mengambil gulungan kertas yang bertuliskan tukang kebun, siswa itu harus memperagakan profesi tukang kebun, misalnya:

    Siswa seolah-olah membawa alat kebersihan dan memperagakan gerakan menyapu taman sekolah, menanam bunga, dan menyiram tanaman

  4. Setiap ada siswa yang mulai memperagakan suatu profesi, mintalah siswa penonton untuk tepuk tangan sebagai bentuk motivasi. Begitu pula setiap ada siswa yang selesai memperagakan suatu profesi, mintalah siswa penonton tepuk tangan sebagai perwujudan sikap menghargai sesama

 3. Kegiatan Penutup

Setelah melakukan kegiatan inti, berikanlah pertanyaan refleksi. Pandulah siswa merefleksi dirinya sendiri dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
  1. Bagaimana perasaanmu saat memperagakan profesi di panggung? 
  2. Apa kamu sekarang merasa lebih percaya diri daripada kemarin?
  3. Bisakah kamu memperagakan berbagai macam profesi? 

Berikutnya, mintalah siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2. Setelah diisi dan dikumpulkan, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja siswa, ya! Jika ada siswa yang masih kurang percaya diri, Sahabat Guru bisa memintanya untuk berlatih berbicara dan memperagakan aktivitas profesi bersama teman atau orang tuanya.

C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Jika kesulitan mengingat macam-macam profesi secara umum, Sahabat Guru bisa memandu siswa mengamati profesi yang ada di sekolah, misalnya guru, tukang kebun, dan penjual makanan di kantin. Hal ini akan lebih memudahkan peniruan karakter karena siswa melakukan pengamatan langsung dan memperagakannya saat itu juga.