Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD - Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 3 Mementaskan Tablo Unit 2 Seni Teater Kelas 1 Kurikulum Merdeka?

Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Pada kegiatan 3 ini, memiliki Tujuan kegiatan Siswa memperagakan cerita tentang dirinya. Elemen  Mengalami dan mencipta. Subelemen Olah tubuh, suara, dan mimik. Alokasi waktu 2×35 menit.


Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3

A. Persiapan Mengajar

Halo, Sahabat Guru! Pembelajaran kali ini memerlukan persiapan yang matang. Yuk, persiapkan hal-hal berikut ini sebelum mengajar!
  1. Perbanyaklah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 1 sesuai jumlah siswa. 
  2. Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. Sahabat Guru juga bisa mengajak siswa ke luar kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran ini, misalnya belajar di lapangan. 
  3. Bacalah Bahan Bacaan Guru terlebih dahulu. 
  4. Catatlah jenis-jenis ekspresi yang Sahabat Guru ketahui, misalnya senang, sedih, marah, mengantuk, semangat, dan malas. 
  5. Setelah itu, catatlah gerak tubuh, suara, dan mimik orang yang sedang senang, sedih, marah, mengantuk, semangat, dan malas. Tujuannya agar Sahabat Guru ingat jenis-jenis ekspresi dan cara memperagakannya. Jadi, nanti saat Sahabat Guru mengajar di hadapan siswa, Sahabat Guru bisa langsung memandu dan memberi contoh, misalnya: ekspresi senang adalah tersenyum, berkata “hore”, dan melompat.

B. Kegiatan Pengajaran

Sahabat Guru, kegiatan kali ini bertujuan untuk mengingatkan siswa tentang ekspresi atau emosi yang pernah dialami dan dilihatnya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah imajinasi dan memberi kesempatan siswa untuk merasakan sensasi panggung serta melatih sikap percaya diri dan menghargai sesama. Ini adalah langkah awal belajar pantomim. Sebelum siswa menggunakan bahasa isyarat untuk bercerita, siswa berlatih bercerita sambil memperagakan cerita.

1. Kegiatan Pembukaan 

Pengantar dan Pengaturan Kelas 

Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kali ini kepada siswa, yaitu agar siswa dapat mengingat ekspresi yang pernah mereka alami dalam kehidupan sehari-hari dan memperagakan berbagai macam ekspresi. Selanjutnya, kondisikan siswa dalam formasi melingkar dan pastikan siswa bisa bergerak leluasa.



Pemanasan

Sebelum melakukan pembelajaran inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pemanasan berikut ini. Tujuannya adalah untuk mengingat berbagai macam ekspresi dan memperagakannya
  1. Setelah siswa membentuk formasi melingkar dan mempunyai ruang gerak yang leluasa, tanyakan lagi ekspresi apa yang pernah dialami mereka. 
  2. Mintalah mereka untuk memperagakannya dengan pemberian contoh terlebih dahulu. Misalnya, Sahabat Guru memperagakan ekspresi mengantuk dengan menguap dan muka yang layu. 
  3. Berikutnya, mintalah siswa memperagakan ekspresi gembira. Koreksi dan pandulah siswa yang belum bisa berekspesi gembira. 
  4. Setelah itu, berikan satu tepukan tangan dan katakan sebuah ekspresi. Sebagai contoh, Sahabat Guru melakukan satu tepuk tangan sambil berkata, “Gembira!” maka siswa berekspresi gembira. Jadikan tepuk tangan sebagai instruksi untuk berganti ekspresi.
  5. Lakukanlah dengan bergantiganti ekspresi, misalnya lakukan tepukan tangan sambil berkata, “Semangat!” maka siswa melompat dengan gerakan yang lincah

2. Kegiatan Inti

Setelah melakukan kegiatan pemanasan, Sahabat Guru bisa lanjut melakukan kegiatan inti berikut ini.
  1. Kondisikanlah siswa agar duduk di tempat duduknya masing-masing. 
  2. Jadikanlah area depan sebagai panggung, bisa panggung sesungguhnya atau sekadar panggung imajiner. 
  3. Berikanlah penjelasan bahwa semua siswa secara bergiliran akan mendapat kesempatan tampil di panggung untuk memperkenalkan diri dan memberi penjelasan menarik tentang dirinya. Sebagai contoh: 


  4. Setiap ada siswa yang memulai perkenalan, mintalah siswa penonton untuk tepuk tangan sebagai bentuk motivasi. Begitu pula setiap ada siswa yang selesai berkenalan, mintalah siswa penonton tepuk tangan sebagai perwujudan sikap menghargai sesama
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat Guru bisa memintanya untuk melakukan berbagai ekspresi di depan kelas, lalu ditirukan oleh siswa yang lain. Siswa yang belum percaya diri melakukan berbagai ekspresi tersebut bisa meniru ekspresi siswa yang potensinya lebih baik.

 3.Kegiatan Penutup

Sahabat Guru, pada akhir pembelajaran ini, berikanlah penguatan kepada siswa bahwa menghargai penampilan teman adalah perbuatan yang baik. Manusia harus bisa berakhlak mulia, salah satunya menghargai perbedaan dengan orang lain. 

Jadi, antarsiswa harus saling memberi semangat dan tidak boleh mengejek penampilan satu sama lain. Setelah memberikan penguatan tersebut, Sahabat Guru bisa mengajukan pertanyaan refleksi berikut ini:
  1. Bagaimana perasaanmu setelah mengikuti kegiatan ini? 
  2. Bisakah kamu memperagakan kegiatanmu? 
  3. Bagaimana perasaanmu berdiri di atas panggung?
  4. Apa kamu sudah percaya diri? 
  5. Apa kamu mau terus belajar percaya diri?
Selanjutnya, pandulah siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut pada Lembar Kerja Siswa Kegiatan 1. Setelah selesai dan dikumpulkan, Sahabat Guru jangan lupa memberi motivasi pada catatan guru di lembar kerja itu, ya! Jika ada siswa yang masih kurang percaya diri, mintalah untuk berlatih berbicara dan memperagakan kegiatan bersama teman atau orang tuanya.

Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Sahabat Guru juga bisa menggunakan kegiatan alternatif dengan membaca cerita sambil menemukan berbagai ekspresi dari dalam cerita tersebut. Pilihlah cerita yang sekiranya menarik bagi siswa. Sahabat Guru juga bisa membacakan cerita berjudul Hore, Aku Bisa Percaya Diri! yang bisa ditemukan di unit ini, bagian bahan bacaan siswa.