Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD
Daftar Isi
Pada kegiatan 3 ini, memiliki Tujuan kegiatan Siswa memperagakan cerita tentang dirinya.
Elemen Mengalami dan mencipta.
Subelemen Olah tubuh, suara, dan mimik.
Alokasi waktu 2×35 menit.
Kegiatan 1 Memperagakan Cerita Unit 3
A. Persiapan Mengajar
Halo, Sahabat Guru! Pembelajaran kali ini memerlukan persiapan yang matang. Yuk,
persiapkan hal-hal berikut ini sebelum mengajar!
- Perbanyaklah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 1 sesuai jumlah siswa.
- Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. Sahabat Guru juga bisa mengajak siswa ke luar kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran ini, misalnya belajar di lapangan.
- Bacalah Bahan Bacaan Guru terlebih dahulu.
- Catatlah jenis-jenis ekspresi yang Sahabat Guru ketahui, misalnya senang, sedih, marah, mengantuk, semangat, dan malas.
- Setelah itu, catatlah gerak tubuh, suara, dan mimik orang yang sedang senang, sedih, marah, mengantuk, semangat, dan malas. Tujuannya agar Sahabat Guru ingat jenis-jenis ekspresi dan cara memperagakannya. Jadi, nanti saat Sahabat Guru mengajar di hadapan siswa, Sahabat Guru bisa langsung memandu dan memberi contoh, misalnya: ekspresi senang adalah tersenyum, berkata “hore”, dan melompat.
B. Kegiatan Pengajaran
Sahabat Guru, kegiatan kali ini bertujuan untuk mengingatkan siswa tentang
ekspresi atau emosi yang pernah dialami dan dilihatnya. Selain itu, kegiatan ini
juga bertujuan untuk mengasah imajinasi dan memberi kesempatan siswa untuk
merasakan sensasi panggung serta melatih sikap percaya diri dan menghargai
sesama. Ini adalah langkah awal belajar pantomim. Sebelum siswa menggunakan
bahasa isyarat untuk bercerita, siswa berlatih bercerita sambil memperagakan
cerita.
1. Kegiatan Pembukaan
Pengantar dan Pengaturan Kelas
Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kali ini kepada
siswa, yaitu agar siswa dapat mengingat ekspresi yang pernah mereka alami dalam
kehidupan sehari-hari dan memperagakan berbagai macam ekspresi. Selanjutnya,
kondisikan siswa dalam formasi melingkar dan pastikan siswa bisa bergerak
leluasa.
Pemanasan
Sebelum melakukan pembelajaran inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan
pemanasan berikut ini. Tujuannya adalah untuk mengingat berbagai macam
ekspresi dan memperagakannya
- Setelah siswa membentuk formasi melingkar dan mempunyai ruang gerak yang leluasa, tanyakan lagi ekspresi apa yang pernah dialami mereka.
- Mintalah mereka untuk memperagakannya dengan pemberian contoh terlebih dahulu. Misalnya, Sahabat Guru memperagakan ekspresi mengantuk dengan menguap dan muka yang layu.
- Berikutnya, mintalah siswa memperagakan ekspresi gembira. Koreksi dan pandulah siswa yang belum bisa berekspesi gembira.
- Setelah itu, berikan satu tepukan tangan dan katakan sebuah ekspresi. Sebagai contoh, Sahabat Guru melakukan satu tepuk tangan sambil berkata, “Gembira!” maka siswa berekspresi gembira. Jadikan tepuk tangan sebagai instruksi untuk berganti ekspresi.
- Lakukanlah dengan bergantiganti ekspresi, misalnya lakukan tepukan tangan sambil berkata, “Semangat!” maka siswa melompat dengan gerakan yang lincah
2. Kegiatan Inti
Setelah melakukan kegiatan pemanasan, Sahabat Guru bisa lanjut melakukan
kegiatan inti berikut ini.
- Kondisikanlah siswa agar duduk di tempat duduknya masing-masing.
- Jadikanlah area depan sebagai panggung, bisa panggung sesungguhnya atau sekadar panggung imajiner.
- Berikanlah penjelasan bahwa semua siswa secara bergiliran akan mendapat
kesempatan tampil di panggung untuk memperkenalkan diri dan memberi
penjelasan menarik tentang dirinya. Sebagai contoh:
- Setiap ada siswa yang memulai perkenalan, mintalah siswa penonton untuk tepuk tangan sebagai bentuk motivasi. Begitu pula setiap ada siswa yang selesai berkenalan, mintalah siswa penonton tepuk tangan sebagai perwujudan sikap menghargai sesama
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat
Guru bisa memintanya untuk melakukan berbagai ekspresi di depan kelas, lalu
ditirukan oleh siswa yang lain. Siswa yang belum percaya diri melakukan berbagai
ekspresi tersebut bisa meniru ekspresi siswa yang potensinya lebih baik.
3.Kegiatan Penutup
Sahabat Guru, pada akhir pembelajaran ini, berikanlah penguatan kepada siswa
bahwa menghargai penampilan teman adalah perbuatan yang baik. Manusia harus
bisa berakhlak mulia, salah satunya menghargai perbedaan dengan orang lain.
Jadi,
antarsiswa harus saling memberi semangat dan tidak boleh mengejek penampilan
satu sama lain.
Setelah memberikan penguatan tersebut, Sahabat Guru bisa mengajukan
pertanyaan refleksi berikut ini:
- Bagaimana perasaanmu setelah mengikuti kegiatan ini?
- Bisakah kamu memperagakan kegiatanmu?
- Bagaimana perasaanmu berdiri di atas panggung?
- Apa kamu sudah percaya diri?
- Apa kamu mau terus belajar percaya diri?
Selanjutnya, pandulah siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut pada Lembar
Kerja Siswa Kegiatan 1. Setelah selesai dan dikumpulkan, Sahabat Guru jangan lupa
memberi motivasi pada catatan guru di lembar kerja itu, ya! Jika ada siswa yang
masih kurang percaya diri, mintalah untuk berlatih berbicara dan memperagakan
kegiatan bersama teman atau orang tuanya.
C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif
Sahabat Guru juga bisa menggunakan kegiatan alternatif dengan membaca cerita
sambil menemukan berbagai ekspresi dari dalam cerita tersebut. Pilihlah cerita
yang sekiranya menarik bagi siswa. Sahabat Guru juga bisa membacakan cerita
berjudul Hore, Aku Bisa Percaya Diri! yang bisa ditemukan di unit ini, bagian bahan
bacaan siswa.