Asesmen UNIT 2 Serunya Bermain Tablo Seni Teater Kelas 1 SD
Daftar Isi
Asesmen UNIT 2 Serunya Bermain Tablo Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka dindikbud.id. Setelah menyelesaikan kegiatan 3 pada Unit 2 ini, Sahabat Guru bisa mengambil Assesmen dengan panduan berikut ini
Asesmen UNIT 2 Serunya Bermain Tablo
Sahabat Guru, pada Kegiatan 3 unit ini, ada dua asesmen yang dilakukan, yaitu
penilaian keterampilan dan penilaian sikap. Lakukanlah penilaian pada saat dan
setelah pembelajaran berlangsung.
A. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan bisa digunakan Sahabat Guru untuk merekam hasil belajar
siswa dalam tiga kategori, yaitu sebagai berikut.
- Mulai berkembang : <60
- Berkembang : 60–80
- Melebihi ekspektasi : 81–100
Deskripsi
- Mulai berkembang : Siswa mampu menirukan peristiwa, benda, emosi, dan karakter melalui gerak tubuh tanpa disertai ekspresi dan aspek artistik.
- Berkembang : Siswa hanya mampu berekspresi atau hanya mampu melibatkan aspek artistik dalam menirukan peristiwa, benda, emosi, dan karakter melalui gerak tubuh.
- Melebihi ekspektasi : Siswa mampu berekspresi dan melibatkan aspek artistik dalam menirukan peristiwa, benda, emosi, dan karakter melalui gerak tubuh.
Berilah nilai yang sesuai dengan perkembangan siswa!
B. Penilaian Sikap
Sahabat Guru, penilaian sikap mencakup empat hal sebagai berikut.
- Siswa berani mencoba praktik di depan umum dengan penuh percaya diri.
- Siswa mampu bekerja sama yang ditandai dengan menerima tugas dan peran yang diberikan dalam kelompok.
- Siswa memiliki kesadaran akan perbedaan pikiran, perasaan, motif, dan tindakan orang di sekitarnya.
- Siswa mampu mengekspresikan pikiran, ide, dan perasaan serta menggabungkan berbagai gagasan dalam kelompok menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna.
V. Pengayaan
Pada bagian ini, Sahabat Guru bisa mengidentifikasi siswa atau kelompok yang
mempunyai kemampuan dan minat yang tinggi selama mengikuti kegiatan
pembelajaran. Setelah diidentifikasi, Sahabat Guru bisa memberikan motivasi dan
memberikan perhatian lebih sebagai sumber daya manusia sekolah yang bisa
dijadikan unggulan untuk ditampilkan pada acara sekolah maupun kegiatan seni
teater lainnya.
VI. Refleksi Guru
Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan pembelajaran pada Unit 2 ini, alangkah
baiknya jika Sahabat Guru dapat menjawab sejumlah pertanyaan berikut ini.
Nantinya, jawaban pada pertanyaan berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan refleksi
demi pembelajaran yang lebih baik di masa mendatang.
Agar jawaban pada pertanyaan berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan, strategi,
dan media pembelajaran yang efektif dan efisien di masa mendatang, Sahabat Guru
disarankan untuk menjawabnya dengan jujur sesuai kondisi sekolah dan siswa
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jujur!
- Adakah sesuatu yang menarik selama pembelajaran sehingga siswa dapat belajar dengan baik di kelas? Jika ada, jelaskan!
- Adakah sesuatu yang tidak menarik selama pembelajaran sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik di kelas? Jika ada, jelaskan!
- Apa yang Sahabat Guru sukai dari kegiatan pembelajaran pada unit ini? Jika ada, jelaskan!
- Apakah langkah-langkah pembelajaran dalam unit ini sesuai dengan karakter sekolah dan siswa Sahabat Guru? Jika tidak, jelaskan langkah yang ideal sesuai dengan karakter sekolah dan siswa Sahabat Guru!
- Apa yang ingin Sahabat Guru ubah untuk meningkatkan atau memperbaiki pelaksanaan maupun hasil pembelajaran?
- Dengan pengetahuan yang Sahabat Guru dapat atau miliki sekarang, apa yang akan Sahabat Guru lakukan jika harus mengajar kegiatan yang sama di kemudian hari?
- Apa dan bagian mana yang ingin Sahabat Guru gali lebih dalam? Mengapa? Apa yang akan Sahabat Guru lakukan?
- Sebutkan satu hal yang bisa Sahabat Guru pelajari mengenai proses mengajar pada unit ini!
- Langkah keberapakah yang paling berkesan bagi Sahabat Guru? Mengapa?
- Pada langkah keberapa siswa paling belajar banyak?
- Pada momen apa siswa menemui kesulitan saat mengerjakan tugas akhir mereka? Bagaimana mereka mengatasi masalah tersebut dan apa peran Sahabat Guru pada saat itu?
- Apakah pembelajaran berlangsung dengan baik? Apa buktinya?
- Bagian mana yang masih perlu diperbaiki dari pengajaran Sahabat Guru?
- Jelaskan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang paling dominan dipelajari siswa pada unit ini!
VII. Bahan Bacaan Siswa
Berikut ini adalah bahan bacaan siswa berjudul Serunya Bermain Tablo. Bacakanlah
untuk siswa dan cetaklah agar siswa bisa membacanya sendiri atau bersama orang
tuanya di rumah! Sahabat Guru bisa mengunduhnya melalui tautan yang ada di bawah ini
VIII. Bahan Bacaan Guru
Tablo merupakan pertunjukan teater yang disajikan aktor di atas panggung
melalui posisi tubuh yang diam/tidak bergerak. Aktor memulai sebuah adegan di
atas panggung dalam gerakan, kemudian berhenti dan terdiam di posisi tertentu.
Aktor biasanya akan berhenti untuk jangka waktu tertentu, pindah ke posisi lain,
lalu terdiam lagi dengan posisi baru. Pada dasarnya, tablo adalah gambar diam
yang disajikan oleh satu orang aktor atau berkelompok di atas panggung dengan
menampilkan pose situasi tertentu yang disertai dengan gestur dan ekspresi.
Selain itu, tablo dapat dikatakan sebagai keterampilan teater mendasar yang
membantu para aktor dalam memahami pentingnya membuat gambar visual di
atas panggung. Karena tablo disajikan aktor melalui tubuhnya di atas panggung
dengan tidak bergerak dan diam, aktor harus menyampaikan makna melalui gestur
tubuh dan ekspresi mereka. Tablo juga dapat membantu para aktor muda menjadi
mahir dalam membuat gambar panggung. Melalui tablo, aktor dapat memahami
bahwa pada momen tertentu dalam sebuah pertunjukan, semua aktor harus dapat
dilihat dengan jelas oleh penonton
Beberapa manfaat tablo bagi siswa adalah: (1) siswa belajar bagaimana
mengekspresikan diri dengan tubuh mereka, bukan suara mereka; (2) siswa
memperoleh kepercayaan diri saat mereka tampil di depan kelas; (3) siswa yang
pendiam mungkin lebih mau/berani berpartisipasi karena tidak ada dialog yang
diutarakan; (4) siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang
karakter dalam sebuah cerita; (5) siswa akan memperoleh pengalaman dan
keterampilan tentang kemampuan berorganisasi; serta (6) siswa belajar tentang
kemampuan presentasi di depan umum.
Kamus Teater
Gestur : Suatu bentuk komunikasi nonverbal
dengan aksi tubuh yang terlihat
dengan tujuan menyampaikan
pesan-pesan tertentu, baik disertai
kegiatan berbicara maupun tidak.