Kegiatan 3 Ayo Bernyanyi dan Bergerak! Seni Teater SD Kelas 1
Daftar Isi
Pada kegiatan 3 ini memiliki Tujuan kegiatan Siswa dapat bergerak seperti yang pernah dialami dan
diamatinya. Siswa dapat bernyanyi untuk melatih kejelasan
vokalnya.
Elemen Mengalami dan merefleksi.
Subelemen Olah tubuh dan olah suara. Dan Alokasi waktu 2×35 menit.
Kegiatan 3 Ayo Bernyanyi dan Bergerak!
A. Persiapan Mengajar
Halo, Sahabat Guru! Ini adalah kegiatan ketiga. Yuk, persiapkan hal-hal berikut ini
agar Sahabat Guru lebih maksimal dalam mengajar!
- Siapkanlah ruangan yang relatif luas.
- Cari dan unduhlah suara binatang, alam, atau benda-benda melalui internet. Sahabat Guru juga bisa merekam langsung suara-suara tersebut, misalnya suara telepon, hujan, petir, dan burung.
- Gandakanlah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3 yang akan dikerjakan siswa pada kegiatan penutup.
B. Kegiatan Pengajaran
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih olah gerak dan olah vokal siswa. Sahabat Guru
mengajak siswa mengingat berbagai aktivitas dan suara atau bunyi di sekitarnya.
Berikutnya, siswa diminta memperagakannya sambil meniru bunyi untuk melatih
vokalnya.
Sebelum kegiatan inti dimulai, Sahabat Guru bisa memperdengarkan
suara atau bunyi di sekitar yang mungkin pernah didengar siswa. Latihlah vokal
siswa dengan memandunya mengucapkan huruf vokal dan kata dengan jelas.
1. Kegiatan Pembukaan
Pengantar dan Pengaturan Kelas
Sebelum kegiatan ini dimulai, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan
tujuan pembelajaran, yaitu siswa dapat bergerak seperti yang pernah dialami
dan diamatinya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, Sahabat Guru bisa
menghubungkan kegiatan ini dengan kegiatan sebelumnya.
Kalau pada kegiatan sebelumnya siswa menirukan gerak, ekspresi, dan suara temannya, pada kegiatan
kali ini siswa fokus pada olah vokal yang diiringi dengan gerak.
Introduksi
Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan introduksi sebagai berikut.
- Pandulah siswa membentuk formasi lingkaran besar.
- Putarlah suara binatang, alam, atau benda-benda di sekitar.
- Selanjutnya, berilah siswa pertanyaan, “Suara apakah itu?”
- Mintalah siswa untuk menirukan suara itu.
- Setelah itu, pandulah siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3.
Setelah siswa mengumpulkan lembar kerja itu, berikan catatan motivasi pada
lembar kerjanya.
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti pembelajaran ini adalah latihan vokal. Sahabat Guru dapat melakukan
hal-hal berikut untuk melatih vokal siswa.
- Pandulah siswa membentuk formasi lingkaran besar.
- Pandulah siswa mengucapkan huruf vokal (a, i, u, e, o) dengan jelas.
- Kemudian, pandulah siswa mengucapkan huruf vokal dalam satu tarikan napas seperti saat meniup balon: aaa, iii, uuu, eee, ooo.
- Sahabat Guru bisa menentukan jarak, mulai dari jarak pendek, jarak sedang, sampai jarak jauh. Siswa meneriakkan huruf vokal tersebut dengan keras agar terdengar oleh guru.
- Selanjutnya, pandulah siswa mengucapkan kata, frasa, dan kalimat dengan jelas. Sahabat Guru bisa memandu siswa dengan menuliskan kata, frasa, dan kalimat di selembar kertas.
- Mintalah siswa mengucapkan kata, frasa, dan kalimat disertai emosi, misalnya: “Pergi.” (biasa); “Pergi?” (bingung); “Pergi!” (marah).
- Setelah itu, ubahlah formasi siswa menjadi berpasangan.
- Mintalah siswa A berdiri berlawanan arah dengan siswa B. Misalnya, jika siswa A berdiri di sudut selatan, siswa B berdiri di sudut utara. Siswa A dan B saling berhadapan.
- Mintalah siswa A untuk mengucapkan vokal, kata, frasa, atau kalimat dan siswa B membalas apa yang dikatakan siswa A. Misalnya, jika siswa A mengucapkan, “Aku ingin makan nasi goreng,” maka siswa B membalas, “Kamu lapar, ya?”
- Setelah siswa mengucapkan vokal, kata, frasa, atau kalimat beberapa kali dalam waktu 25 menit, mintalah siswa membentuk formasi melingkar lagi.
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat
Guru bisa memintanya untuk memperagakan nyanyian dan gerak. Berilah kebebasan
anak memilih lagu yang ingin dinyanyikan dan digerakkan, misalnya Aku Seorang
Kapiten, Aku Anak Gembala, dan Ampar-Ampar Pisang.
Jika ada siswa yang belum bisa melakukan kegiatan ini, Sahabat Guru bisa
memintanya untuk melakukan latihan vokal dan gerak bersama orang tua. Orang tua
dan anak melakukan latihan vokal dan gerak seperti kegiatan inti. Orang tua berdiri di
sudut selatan, sedangkan anak berdiri di sudut utara dan saling berhadapan. Orang
tua mengucapkan vokal, frasa, kata, atau kalimat hingga terdengar oleh siswa yang
dilakukan secara bergantian
3. Kegiatan Penutup
Setelah melakukan latihan vokal, siswa diajak untuk bernyanyi dan bergerak.
Lakukanlah kegiatan ini dengan suasana santai dan gembira. Sahabat Guru boleh
bernyanyi bersama siswa. Pandulah siswa bernyanyi dengan vokal yang jelas.
Langkah-langkah kegiatan kali ini adalah sebagai berikut.
- Pandulah siswa bernyanyi lagu berjudul Bangun Tidur ciptaan Pak Kasur. Mulailah lagu itu dengan tempo lambat disertai gerakan bermalas-malasan. Setelah itu, nyanyikan kembali lagu itu dengan tempo cepat disertai gerakan penuh semangat. Beri contoh terlebih dahulu, ya!
- Kemudian, Sahabat Guru bisa memberi instruksi sebagai berikut. Yuk, kita nyanyikan lagu Bangun Tidur sambil tepuk tangan, kaki digerakkan ke kiri dan ke kanan, ya!
Menggunakan apa? Coba praktikkan!
Bagaimana bunyinya? Byur, byur, byur!
Bagaimana kamu menggosok gigi?
Bagaimana bunyinya? Sik, sik, sik!
Bagaimana kamu membersihkan tempat tidurmu?
Menggunakan apa?
Bagaimana suaranya? Pyok, pyok, pyok!
Yuk, sekarang kita nyanyi sambil bergerak!
Yuk, sekarang kita nyanyi dengan tempo cepat! Lakukan gerak dengan penuh
semangat! Setelah itu, kita nyanyi lagi dengan gerakan lambat seperti orang yang
bermalas-malasan!
Sahabat Guru, tanyakan perasaan siswa setelah melakukan kegiatan tersebut.
Kemudian, berilah pertanyaan refleksi seperti contoh berikut ini:
- Bisakah kamu memperagakan aktivitas yang pernah kamu lakukan?
- Bisakah kamu memperagakan aktivitas yang pernah dilakukan orang lain?
- Aktivitas apa yang menurutmu paling sulit ditirukan?
- Bisakah kamu menebak dan menirukan bunyi binatang?
- Bunyi apa yang menurutmu paling sulit ditirukan?
C. Kegiatan Alternatif
Apabila Sahabat Guru kesulitan mencari instrumen suara binatang, alam, dan
benda-benda di sekitar, Sahabat Guru bisa merekam sendiri suara-suara itu.
Kalau tidak ada fasilitas alat perekam di sekolah, Sahabat Guru bisa membawa
benda-benda di sekitar yang bisa mengeluarkan bunyi, misalnya angklung, peluit,
dan terompet.
Selanjutnya, mintalah siswa untuk menirukan bunyinya. Kegiatan
bernyanyi dan bergerak tidak harus menggunakan lagu Bangun Tidur, Sahabat Guru
boleh menggunakan lagu lain dengan langkah-langkah yang sama dengan yang
telah dipaparkan